Headline News

header-int

Dispermadesdukcapil Prov. Jawa Tengah Studi Tiru ke Kecamatan Koto XI Tarusan

Kamis, 25 Jul 2019, 15:06:06 WIB - 63 | L. Kampay
Dispermadesdukcapil Prov. Jawa Tengah Studi Tiru ke Kecamatan Koto XI Tarusan

Tarusan, -- Menindaklanjuti Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di periode kedua Gubernur terpilih Ganjar Pranowo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil memfokuskan pengembangan Kerjasama antar Desa. Untuk mempercepat pengembangan Kerjasama antar desa di Provinsi Jawa Tengah Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan Study Tiru ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Rombongan diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Pesisir Selatan Hamdi S.Pt M.Si dan Camat Koto XI Tarusan Denny Anggara, SSTP M.Ec.Dev di Aula Kantor Camat Koto XI Tarusan Selasa (23/7).

Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa Didi Hariyadi, SH, MH menyampaikan maksud kedatangannya bersama rombongan adalah untuk mempelajari bagaimana bentuk kerjasama antar desa yang ada di Kab. Pesisir Selatan dan bagaimana mengembangkan kawasan perdesaan yang mana pariwisata lah yang menjadi sektor unggulan.

Menanggapi hal ini, Hamdi meyebutkan bahwa di Kabupaten Pesisir Selatan telah ditetapkan 4 lokasi Kawasan Perdesaan, Yang Pertama di Kecamatan Koto XI Tarusan merupakan Kawasan Perdesaan berbasis Industri Pariwisata, Kedua Kecamatan Sutera, Kawasan Perdesaan berbasis Pertanian Terpadu dengan komoditi unggulan sapi potong, Ketiga Kecamatan Silaut Kawasan Perdesaan berbasis Integrasi Perkebunan sawit dan ternak sapi bali, dan yang terakhir Kecamatan Batang Kapas Kawasan Perdesaan berbasis Padi, Durian yang terintegrasi dengan Pariwisata.

Selanjutnya ia menambahkan, adapun bentuk kerjasama yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan tupoksi Badan Kerja Sama antar Nagari (BKAN) yang mana memfasilitasi kerjasama yang dilakukan desa dan Badan Usaha Milik nagari (BUMNag Bersam Mandeh Tarusan Jaya) untuk mempercepat dan meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pelaksanaan pembangunan Desa, Pembinaan kemasyarakatan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Camat Koto XI Tarusan Denny Anggara menyampaikan dengan ditetapkannya Kecamatan Koto XI Tarusan sebagai Kawasan Perdesaan yang berbasis Industri Pariwisata telah banyak membawa dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat. Dulu masyarakat hanya bekerja sebagai Nelayan atau Buruh harian sekarang sudah menjadi pelaku usaha pariwisata, sehingga terjadi peningkatan pendapatan bagi masyarakat pada umumnya.

Sekarang sudah banyak pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan koto XI Tarusan, mulai dari Pembukaan jalan raya kawasan mandeh, pasar kawasan di Jinang Kampung Pansur Ampang Pulai, Amphiteater di sungai nyalo, pasar rakyat di nagari Cerocok Anau, dan yang terbaru Pembangunan Sentra Industi Kecil dan Menengah untuk menunjang Industri Pariwisata di Kecamatan koto XI tarusan, pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube