Headline News

header-int

Hendrajoni Letakan Batu Pertama Pembangunan Sentra IKM

Senin, 01 Jul 2019, 18:00:25 WIB - 34 | L. Kampay
Hendrajoni Letakan Batu Pertama Pembangunan Sentra IKM

Cerocok Anau,

Bupati Pesisir Selatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Senin (1/7) di Nagari Cerocok Anau Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan.

Menurutnya rencana Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membangun sentra industri kecil menengah (IKM)  khusus pengolahan ikan di Nagari Cerocok Anau tersebut berasal dari bantuan Dana Alokasi Khusus pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian.

“Pembangunan awal telah dimulai akan dilakukan tahun 2018 dengan membangun kantor pengelolaan nya dan pada tahun 2019 ini dilanjutkan dengan tempat pengelolaan ikan dengan alokasi anggaran Rp 14 milyar lebih," ujarnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sentra IKM yang dibangun itu bertujuan untuk memaksimalkan pengolahan hasil perikanan dan kelautan yang selama ini menjadi salah satu produk unggulan serta banyak digeluti masyarakat pesisir selatan, khususnya Di Kecamatan Koto XI Tarusan .

Sejumlah produk yang akan dikembangkan di sentra IKM yakni produk basah seperti nuget, sedangkan produk kering berupa ikan asin, kerupuk, amplang. Kemudian untuk limbahnya nanti akan dimanfaatkan untuk pembuatan pakan.

Sentra IKM itu nantinya akan didukung sarana dan prasarana yang memadai, mulai dari rumah produksi, gudang, sistem pengolahan limbah, mesin serta peralatan untuk menunjang aktivitas produksi agar dapat menghasilkan produk berkualitas.

Selain menyiapkan sarana dan prasarana produksi, Diskoperindag akan menyiapkan sumber daya manusia untuk mengelola sentra IKM dengan mengadakan pelatihan khusus kepada kelompok masyarakat sehingga produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas. (Elfi Mahyuni)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube