Headline News

header-int

Jalur Tracking Ke Batu Garudo Resmi Dibuka

Rabu, 24 Jul 2019, 15:34:48 WIB - 52 | L. Kampay
Jalur Tracking Ke Batu Garudo Resmi Dibuka

Sungai Nyalo -- Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kawasan Mandeh,beberapa destinasi baru dibuka. Salah satunya adalah pembuatan jalur tracking ke Puncak Batu Garudo. Nanti wisatawan bisa melihat keindahan Kawasan Mandeh dari atas puncak.

Bersama dengan Kelompok Eko wisata Kenagarian Sei Nyalo Mudiak Aia melakukan pembukaan jalur pendakian Sabtu (20/7) . Pembukaan jalur tracking ini kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang (UNP) dikomandoi oleh Endang Sepdanius,Anton Komaini dan Rasydin Kam dan Andri Gemaini, Ardi Arif. Dan kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti. Didukung oleh PKPHOR yg diketuai oleh Ibu siti Fatimah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menopang wisata mandeh dengan pilihan kegiatan yang menantang, yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Jenis kegiatan tersebut yaitu dibukanya jalur trekking diperbukitan Batu Garudo," ujarnya Ketua pelaksana kegiatan Dr Anton Komaini S.S MPd, Sabtu (20/7)

Menurutnya wisatawan nantinya akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian 241 mdpl dengan jarak 774 meter dan dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 1 jam perjalanan.Dimana dalam perjalanan wisatawan akan menempuh 3 pos peristirahatan sebelum mencapai puncak batu garudo.

"Sesampai dipuncak wisatawan bisa menikmati area camp, taman hammock dan hamparan tanaman pakis yang hijau.Survey dan persiapan sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya," ujarnya

Sementara itu Ketua Ekowisata Sei Nyalo Satry mengungkapkan pembukaan wisata Hiking dan selfi di sekitar Perbukitan Batu Garudo untuk mewujudkan keinginan yang sudah lama untuk membuka jalur pendakian .

Dimana aksi pembukaan jalur sebelumnya telah dilakukannya pada tahun 2018 lalu. Pada aksi ini juga membuka jalan jalan baru sehingga jika wisatawan ingin ke lokasi mudah ditempuh .

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube