Headline News

header-int

Kelompok Wanita Mandeh Dilatih Membuat Kuliner Yang Enak

Selasa, 30 Jul 2019, 17:41:10 WIB - 18 | L. Kampay
Kelompok Wanita Mandeh Dilatih Membuat Kuliner Yang Enak

Mandeh--  Kelompok Perempuan Kenagarian Mandeh  Kecamatan Koto XI Tarusan diberikan pelatihan Kuliner, membuat kemasan dan manajemen,dimana tujuan pemberian pelatihan ini  agar kelompok perempuan ini mampu menghasilkan aneka makanan  yang bisa nantinya dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Mandeh khususnya ke Kenagarian Mandeh .

Kelompok ini dilatih oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) yang di koordinator oleh dr Elida M.Pd. Pelatihan ini dilaksanakan Kamis -Jumat (25-26/7) di Balai Pertemuan Mandeh. 

Koordinator Kegiatan Elida Kamis(25/7) Mengungkapkan kunjungan wisatawan setiap saat selalu meningkat ,namun selama ini wisatawan hanya disuguhi makanan seperti nasi goreng ,padahal potensi i banyak yang bisa diolah menjadi aneka makanan.  Dan kemasan makanan yang disajikan kepada wisatawan tidak terlihat cantik. Padahal jika dikemas lebih baik menambah daya tarik dan meningkatkan harga makanan. 

Maka pada pelatihan ini para kelompok perempuan ini diajarkan membuat aneka makanan aneka olahan baik ikan, nipah,membuat snack atau potensi lainnya. Tentunya ini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sebab adanya penghasilan tambahan bagi kaum perempuan ini membantu biaya rumah tangga.

Pada kesempatan itu juga diberikan penyuluhan terkait gizi,higienis,teknik memasak yang benar hingga manajemen dalam membuka usaha kuliner. 

"Setelah pembinaan dan pemberdayaan ini kedepannya masyarakat lebih kreatif dan berinovasi untuk memunculkan ekonomi baru sehingga mendatangkan penghasilan ," ujarnya. (Elfi Mahyuni)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube