Headline News

header-int

Masyarakat Sungai Nyalo Diberikan Penyuluhan Gerakan Hidup Sehat

Kamis, 25 Jul 2019, 12:24:39 WIB - 35 | L. Kampay
Masyarakat Sungai Nyalo Diberikan Penyuluhan Gerakan Hidup Sehat

Sungai Nyalo,-- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat kemenristekdikti dan didukung oleh PKPHOR mengadakan pelatihan Senam lansia dan penyuluhan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) di Kenagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Ketua pelaksana Sonya Nelson S.Si M.Pd, didampingi anggotanya dr.Arif Fadli Muchlis M.Biomed, Hadi Fery Fajri M.Pd. Rabu (24/7) mengungkapkan ini adalah kegiatan Pemberdayaan kesehatan kepada lansia melalui aktifitas fisik,salah satunya pelatihan senam lansia,sebagai upaya peningkatan kebugaran jasmani lansia dan peningkatan kualitas hidup sehat.

"Pada kegiatan ini juga dilakukan penyuluhan kesehatan,sebagai upaya mengatasi rendahnya kesadaran dalam menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan,serta kurangnya sosialisasi dari pemerintah," ujarnya 

Ditambahkannya  dalam penyuluhan kepada masyarakat ditekankan bahwa penyebab terbesar kesakitan dan kematian itu penyakit tidak menular.

Faktor resiko penyebab timbulnya kondisi itu dapat berupa kurangnya aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur yang rendah, dan kebiasaan merokok. Dapat pula berupa pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh gas buang kendaraan bermotor, asap rokok, dan limbah pabrik.

Untuk itu, penyuluhan diberikan guna mengajak masyarakat turut andil dalam gerakan positif  untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat. Beberapa di antaranya seperti menyediakan dan mengembangkan sarana aktivitas fisik, ruang terbuka hijau publik, kawasan bebas kendaraan bermotor, jalur sepeda, dan jalur pejalan kaki yang representatif dan aman.

Kemudian melaksanakan kegiatan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayur dan buah.

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sendiri merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," ujarnya. (Elfi Mahyuni)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube