Headline News

header-int

Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kembali Jadi Nagari Binaan UNP

Rabu, 24 Jul 2019, 15:47:29 WIB - 39 | L. Kampay
Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kembali Jadi Nagari Binaan UNP

Kenagarian Sei Nyalo kembali dijadikan sebagai nagari Binaan Universitas Negeri Padang (UNP) . Sebuah nagari yang didampingi oleh perguruan tingi untuk pemberdayaan masyarakat dalam berbagai hal untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat telah banyak mendapatkan manfaatnya 

"Pembangunan pariwisata tidak terlepas dari peran lembaga institusi perguruan tinggi dan pengiat pariwisata yang telah berperan aktif memprovokasi masyarakat untuk berperan aktif dalam ke pariwisata sehingga kawasan wisata khususnya Kawasan Wisata Mandeh telah dikenal sebagai destinasi wisata lokal hingga mancanegara," ujarnya  Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni Sabtu (20/7) ketika di hubungi.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyadari pembangunan kepariwisataan tidak bisa dilakukan sepenuhnya tetapi peran semua pihak sesuai dengan bidangnya masing masing . 

Seperti yang dilakukan oleh UNP sebagai lembaga perguruan tinggi yang telah berperan serta untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam menyambut wisatawan .

"Keikutsertaan UNP sangat di apresiasi dan kehadiran UNP selalu diharapkan untuk memberikan pemberdayaan kepada masyarakat agar masyarakat mampu menjadi tuan rumah yang baik dan berperan serta dalam kepariwisataan ," ujarnya  

Hendrajoni menghimbau agar perintahan nagari dan masyarakat bisa memberikan dukungan penuh bagi penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan UNP sehingga masyarakat bisa merasakan dampaknya terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat 

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat ((LP2M)/UNP Siti Fatima mengungkapkan sinergi antara pemkab Pessel bersama dengan UNP sangat diperlukan untuk proses pemberdayaan masyarakat . 

Siti Fatima mengungkapkan  yang diharapkan dari nagari binaan ini mampu berdampak untuk kesejateraan masyarakat, Dimana UNP sebagai pendamping akan menjadikan nagari Sei Nyalo sebagai Nagari wisata dan program ini akan berjalan selama 3 tahun kedepannya . 

"Untuk itulah perlu adanya komitmen bersama masyarkaat, pemerintah tentunya agar rencana ini bisa direalisasi dan kedepannya mampu membawa dampak besar," ujarnya. (Elfi Mahyuni)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Kecamatan Koto XI Tarusan. Follow Me : Facebook Youtube